Permasalahan imigrasi adalah kendala yang harus dipikirkan dengan baik sebelum berencana berlibur ke luar negeri. Setiap negara pasti akan memberlakuan aturan keamanan yang ketat. Di Asia, Jepang dikenal sebagai negara yang miliki aturan keamanan yang selektif. Nah untuk hadapi petugas imigrasi Jepang ini yang harus dilakukan.

Berikut cara hadapi petugas imigrasi Jepang

Hindari argumen

Ini-Trik-Hadapi-Petugas-Imigrasi-Jepang--1

Ini adalah hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum memulai perjalanan ke luar negeri. Sebisa mungkin untuk hindari adu argumen. Sebab itu akan akan membuat petugas semakin curiga kepadamu. Hadapi petugas imigrasi Jepang dan jika mereka ajukan pertanyaan dan permintaan, maka lakukan dengan baik selagi sesuai dengan aturan dan keamanan.

Bersikap tenang

Ini-Trik-Hadapi-Petugas-Imigrasi-Jepang--2

Hadapi petugas imigrasi Jepang lainnya yakni tetaplah tenang. Tidak hanya di Jepang sih, petugas imigrasi di setiap negara menghargai para penhunjung yang bisa di ajak bekerja sama dalam proses pemeriksaan.

Hindari bermain gadget atau gunakan earphone di depan petugas, apalagi berfoto. Kalau kamu berpergian dengan aksesori kepala seperti topi atau syal, sebaiknya kamu melepasnya di depan petugas. Pasalnya, petugas akan memperhatikanmu secara detail.

Jangan fokus dengan barang bawaan

Ingat, kamu keluar negeri buat liburan, bukan mudik alias pulang kampung. Minimalisir membawa barang yang tidak begitu dibutuhkan. Jika hadapi petugas imigrasi Jepang gunakan anjing pelacak. Maka kamu tidak boleh meresponsnya dengan berlebihan. Kamu harus tetap membiarkan petugas menjalankan proses pengecekan.

Lengkapi dokumen

Biasanya, beberapa jam sebelum tiba di bandar tujuan, pramugari akan berkeliling menanyakan apakah kamu akan berlibur ke Jepang atau sedang transit saja. Jika berlibur, maka kamu harus meminta dokumen seperti cosdeclaration dan disembarkation card for foreigner.

Isi berkas ini sejujur mungkin, lebih baik lagi kamu hafalkan apa yang kamu tulis. Sehingga saat ditanya petugas, kamu tidak gugup. Jangan lupa letakan paspor dan visamu di tempat yang sama dan mudah di jangkau.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *